Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak
luxury value keinginan membeli Smartphone oleh konsumen generasi Z di
jabodetabek. Dalam penelitian ini, Smartphone dengan brand iPhone akan
digunakan sebagai objek penelitian.
Penelitian ini didukung dengan pengumpulan data primer melalui
penyebaran kuesioiner secara oneline kepada generasi Z pengguna iPhone di
jabodetabek dan berhasil mengumpulkan sebanyak 168 Responden. Hasil dari
penumpulan data tersebut dianalisa menggunakan aplikasi SPSS 21 dan AMOS
22 dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Self Directed
Symbolic/expressive memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap Overall
Luxury Value. 2) Other Directed Symbolic/expressive memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap Overall Luxury Value. 3) Experiential/hedonic memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap Overall Luxury Value. 4)
Utilitarian/functional tidak memiliki pengaruh terhadap Overall Luxury Value. 5)
Cost/sacrifice memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Overall Luxury
Value. 6) Overall Luxury Value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
Luxury Purchase Intention.
Kata Kunci: Self Directed Symbolic/expressive, Other Directed
Symbolic/expressive, Experiential/hedonic, Utilitarian/functional, Cost/sacrifice,
Luxury Value, Luxury Purchase Intention, Teknologi, iPhone, Generasi Z.