DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Financial Literacy, Faktor Demografis, Pendapatan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Milenial Di DKI Jakarta
Total View This Week0
Institusion
STIE Indonesia Banking School
Author
Pangestika, Kinanti Widya
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2022-03-08 08:29:09 
Abstract :
Kemajuan teknologi di era globalisasi menyebabkan perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat dalam berbelanja. Kemudahan tersebut menyebabkan masyarakat zaman sekarang menjadi sangat konsumtif. Gaya hidup pun menjadi ikon dari modernisasi yang mempengaruhi masyarakat khususnya geerasi milenial dimana generasi milenial merupakan generasi pertama yang hidup berbarengan dengan pertumbungan teknologi yang semakin canggih. Hal ini menunjukkan pentingnya perencanaan keuangan yang baik agar tidak terjadinya perilaku konsumtif dalam melakukan kegiatan belanja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial literacy, faktor demografis, pendapatan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dengan generasi milenial di wilayah DKI Jakarta dengan tahun kelahiran 1980 ? 2000 sebagai objek. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu sebanyak 200 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan pengambilan data primer melalui penyebaran kuisioner. Model penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS 21 sebagai software analisis data. Hasil pada penelitian ini menunjukkan financial literacy, usia dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Jenis kelamin dan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kata kunci : Financial Literacy, Faktor Demografis, Pendapatan, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif. 
Institution Info

STIE Indonesia Banking School