Abstract :
Teknologi bagian dari kehidupan manusia. Hampir semua aktivitas
menggunakan teknologi. Tingginya penggunaan smartphone membuat industri
jasa perbankan berlomba-lomba membuat produk perbankan menggunakan
telepon genggam, untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi perbankan
dimana saja dan kapan saja. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh kualitas layanan yang dirasakan, kegunaan yang dirasakan, kemudahan
yang dirasakan, keamanan yang dirasakan, kepuasan dan kesetiaan pengguna
mandiri e-cash.
Penelitian ini dikategorikan sebagai metode analisis deskriptif dengan
mengambil sampel dan kuesioner sebagai alat utama. Sampel penelitian ini adalah
pangguna mandiri e-cash. Responden dipilih dengan menggunakan teknik non
probability sampling dan purposive sampling. Hasil analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dan
hasilnya akan diringkas sebagai berikut: 1. Pengaruh kualitas layanan yang
dirasakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan dalam penggunaan. 2.
Pengaruh kegunaan yang dirasakan berpengaruh positif signifikan terhadap
kepuasan dalam penggunaan. 3. Pengaruh kemudahan yang dirasakan dalam
penggunaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan dalam penggunaan. 4. Pengaruh
keamanan yang dirasakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan
dalam penggunaan. 5. Pengaruh kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap
kesetiaan dalam penggunaan. Kata Kunci: kepuasan, kesetiaan, keamanan yang dirasakan, kegunaan yang dirasakan dan kemudahan yang dirasakan.