Abstract :
Berakhirnya pandemi Covid-19, tidak mengubah kebiasaan masyarakat untuk terus
mengikuti perkembangan teknologi digital termasuk dalam bidang perbankan.
Sehingga penggunaan mobile banking semakin pesat dan berubah menjadi sebuah
kebutuhan saat ini. Hal ini tentu terjadi karena masyarakat merasa puas dengan
layanan yang diberikan oleh mobile banking. Sebab itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah customer satisfaction berpengaruh terhadap retention
intention dalam penggunaan mobile banking. Data dari penelitian ini diperoleh
melalui survey online para pengguna aktif mobile banking sebanyak 165 responden
di cabang KC Jakarta Plaza Mandiri. Peneliti menggunakan aplikasi Smart PLS
(Partial Least Square) untuk mengolah data penelitian ini. Dari hasil penelitian
menunjukan bahwa Efficiency, Service Portofolio, Customer Satisfaction, dan Trust
terbukti memiliki perngaruh positif terhadap Retention Intention dalam penggunaan
Mobile Banking yang membuat pengguna Mobile Banking ingin terus
menggunakan Mobile Banking hingga saat ini. Sedangkan, Ease of use,
Interoperability, Privacy, Responsiveness, Reliability, dan Service Charges tidak
terbukti memiliki pengaruh positif pada Retention Intention nasabah pengguna
Mobile Banking.