DETAIL DOCUMENT
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
KUSNIAH, YUYUN
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-27 04:09:51 
Abstract :
ABSTRAK Kusniah, Y. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Mts Tarbiyatul Islam Soko Tahun Pelajaran 2018/2019 Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dwi Erna Novianti, S.Si., M. Pd. (II) Puput Suriyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan berpikir kreatif. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan suatu individu. Salah satu ilmu dasar dalam pendidikan adalah matematika, karena matematika merupakan ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan berpikir logis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Sesuai dengan kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar menjadi warga masyarakat yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, serta mampu berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pernyataan tersebut mengandung pengertian bahwa peserta didik memiliki keharusan untuk berkemampuan berpikir logis, sistematis, kritis dan kreatifPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode tes berupa pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam soko tahun pelajaran 2018/2019. Adapun untuk sampel dari penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen.. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko tahun ajaran 2018/2019. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro