Abstract :
ABSTRAK
Kusniah, Y. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Mts Tarbiyatul Islam Soko Tahun Pelajaran 2018/2019 Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dwi Erna Novianti, S.Si., M. Pd. (II) Puput Suriyah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan berpikir kreatif.
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan
keberhasilan suatu individu. Salah satu ilmu dasar dalam pendidikan adalah
matematika, karena matematika merupakan ilmu yang sangat penting dalam
kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua
peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan
berpikir logis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Sesuai
dengan kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar
menjadi warga masyarakat yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, serta mampu
berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Pernyataan tersebut mengandung pengertian bahwa peserta didik memiliki
keharusan untuk berkemampuan berpikir logis, sistematis, kritis dan
kreatifPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan
kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan bangun ruang sisi
datar kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko tahun pelajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode tes berupa pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam soko tahun pelajaran 2018/2019. Adapun untuk
sampel dari penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas kontrol
dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen.. Berdasarkan analisis data dengan
menggunakan uji-t diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs
Tarbiyatul Islam Soko tahun ajaran 2018/2019.