DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN HANGING BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PENYAJIAN DATA KELAS VII SMPN 1 TEMAYANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
DEWI, DIANA
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-27 04:36:00 
Abstract :
ABSTRAK Dewi, Diana. 2019. Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbantuan Hanging Board Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Penyajian Data Kelas VII SMPN 1 Temayang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I)Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd (II) Anis Umi Khoirotunnisa?, M.Pd. Kata kunci: pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning), Hanging Board, Hasil Belajar. Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan perbedaan pengaruh pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Hanging Board dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) tanpa berbantuan Hanging Board terhadap hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan penyajian data kelas VII SMPN 1 Temayang tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dari 30 siswa kelas VIIB dan 30 siswa kelas VIID. Diambilnya dua kelas subjek tersebut adalah agar dapat membuktikan perbedaan pengaruh antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen terhadap hasil belajar siswa melalui tes. Untuk mengetahui kevalidan data dalam hasil belajar siswa, maka peneliti melakukan uji coba instrumen. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas kontrol adalah = 49,67 dan rata-rata siswa kelas eksperimen adalah = dengan menggunakan uji t diperoleh thitung= 2,364 dan ttabel = 2,001, sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Hanging Board berpengaruh pada hasil belajar siswa. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro