Abstract :
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menegetahui tokoh dan penokohan yang ada pada
novel Arah Langkah karya Fiersa Besari, psikologi sastra dan hubungannya dalam
pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif yang menerapkan pendekatan psikologi secara tekstual. peneliti
mengkaji psikologi para tokoh dalam novel menggunakan teks sebagai media utamanya,
karena yang dikaji adalah sebuah novel yang berupa kumpulan teks atau tulisan dan
bukan manusia secara umum (manusia hidup). Triagulasi data digunakan untuk menjaga
keabsahan data yang dikumpulkan. Prosedur penulisan yang digunakan dengan
pembacaan survey, pembacaan terfokus, pembacaan verifikasi.
.Tokoh dan penokohan yang terdapat dalam novel Arah Langkah karya Fiersa
Besari terdiri Tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh protagonis, tokoh antagonis, tokoh
sederhana, dalam novel Arah Langkah. Dalam tokoh utama terdapat Aku yang bersifat
Romantis, keras kepala, tegar dan pekerja keras Baduy egois Pram egois dalam novel
Arah Langkah bercerita tentang si Penulis.
Unsur psikologi dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari yang telah
peneliti analisis terdapat lima jenis antara lain kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan
keamanan, kebutuhan akan cinta dan keberadaan, kebutuhan akan cinta unsur psikologi
yang sering muncul dalam cerita sastra novel tersebut. Hubungan kegiatan analisis
tersebut dengan pembelajaran di SMA adalah adanya kompetensi dasar pada
kompotensi dasar menganalisis isi dan kebahasaan novel. dengan indikator
mengidentifikasi unsur intrinsik dan eksrinsik sebuah novel.