Abstract :
Abstrak
Prasadana, H. N. 2019, Peningkatan Kemampuan Menulis puisi Menggunakan
Metode Sugesti Imajinatif Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Ngasem
Skripsi,Progam Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,
Fakultas Pendidikan Bahasa Dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro,
Pembimbing (I) Agus Darmuki, M.Pd., (II) Cahyo Hasanudin, M, Pd
Kata Kunci: Ketrampilan menulis puisi,metode sugesti imajinatif
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk meningkatkan hasil pembelajaran
menulis puisi denganmenggunakan metode sugesti imajinatif, 2) Untuk
mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan menulis puisi
dengan metode sugesti imajinatif .
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Lokasi
Penelitian ini di SMP PGRI Ngasem.Sumber data pada penelitian ini adalah
proses pembelajaran menulis puisi di kelas. Prosedur pengumpulan data
menggunakan observasi, wawacara, dokumentasi dan tes.Teknik analisis kritis
. Teknik analisis deskriptif komparatif digunakan untuk analisis data kuantitatif
yaitu dengan membandingkan hasil antar siklus, sedangkan alalisis kritis
mencakup kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dengan guru dalam proses
pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan penerapam metode sugesti imajinatif
pada materi ketrampilan menulis puisi dapat menigkaran aktivitas siswa dan
aktivitas guru serta meningkatkan hasil ketrampilan menulis puisi. Dari hasil
aktivitas siswa tersebut dapat dilihat dari masing-masing aspek, aspek pertama
pada siklus I 7 siswa (66,6%), aspek kedua 8 siswa (37.0%), aspek ketiga 6
siswa, Selanjutnya 12 siswa (70,4%), aspek kelima 11 siswa (74,0%).
Kemudian meningkat pada siklus II meningkat menjadi 11 siswa(81,5%) , 10
siswa (70,4%), 12 siswa (81,5%), Hasil aktivitas guru pada tiap siklus 1
berjumalah 26 dengan kategori cukup, Kemudian meningkat pada siklusII
berjumpalh 34 dengan kategori baik, Nilai rata-rata dari hasil ketrampilan
menulis puisi tiap siklus yaitu 4,98 pada tahap prasiklus, pada siklu I sebesar
6,77 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 7,57