DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PHYTAGORAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEPOHBARU
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
NURWIJAYANTI, LENY APRILIYA
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-27 07:50:34 
Abstract :
Abstrak Nurwijayanti, L.A. 2019. ?Pengaruh Kemampuan Penalaran terhadap Pemecahan Masalah Phytagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kepohbaru?. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dra. Junarti, M.Pd. (II) Anita Dewi Utami, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, Phytagoras. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran terhadap pemecahan masalah phytagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kepohbaru Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kepohbaru kelas VIII A dan VIII B. Pemilihan sampel menggunakan teknik probability sampling (Cluster Random Sampling) yaitu pengambilan sampel dengan memilih satu kelas dari dua kelas yang ada untuk digunakan sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan metode tes essay. Subjek penelitian berjumlah 52 siswa terdiri dari kelas VIII A berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 28 siswa sebagai kelas uji coba. Berdasarkan hasil penghitungan pada analisis uji regresi sederhana diperoleh nilai t hitung = 9,84 sedangkan t 0,05;20 1,717, maka t hitung > t tabel sehingga t hitung berada di daerah kritik. Berdasarkan hasil penelitian t hitung berada di daerah kritik maka H0 ditolak, ini berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara X dan Y, dengan kata lain kemampuan penalaran berpengaruh positif secara signifikan terhadap pemecahan masalah Phytagoras. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro