DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SEMESTER GENAP KELAS VII SMPN 2 KEPOHBARU TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
FITRIYANI, TUTUT IKA
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-27 08:00:09 
Abstract :
Abstrak Fitriyani, Tutut Ika. 2019. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Penyelesaian Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Semester Genap SMPN 2 Kepohbaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dwi Erna Novianti, S.Si, M.Pd., (II) Puput Suriyah, M.Pd. Kata kunci: pembelajaran matematika realistik, komunikasi matematis, soal cerita, aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penyelesaian soal cerita pada pokok bahasan aritmatika sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Kepohbaru dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran matematika realistik, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode tes yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penyelesaian soal cerita pada pokok bahasan aritmatika sosial. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro