DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEURISTIK SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTS AN-NUR GALUK
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
ARIANI, NILA SANDRA DEWI
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-27 08:08:50 
Abstract :
ABSTRAK Sandra D. A, Nila. 2019. Analisis Pengambilan Keputusan Heuristik Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Pada Siswa Kelas VII MTS An-Nur Galuk Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dra. Junarti, M. Pd. (II) Anita Dewi Utami, M.Pd. Kata Kunci: Analisis pengambilan keputusan heuristik siswa, kecemasan matematika, dan aljabar. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menedeskripsikan analisis pengambilan keputusan heuristik siswa dalam pemecahan masalah aljabar ditinjau dari kecemasan matematika pada siswa. Penelitian ini dilakukan di MTS An-Nur Galuk pada siswa kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel bertujuan (Purposive Sample) yaitu pengambilan sampel dengan melihat hasil tes tulis analisis level pemahaman dengan subyek KMST1, KMST2, KMT1, KMST2, KMR1, KMR2, KMSR1, dan KMSR2. Analisis data menggunkan metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data (Data Triangulation) dan triangulasi metodologis (Methodological Triangulation). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika sangat tinggi tidak mampu memenuhi seluruh kriteria dari masing-masing indikator pengambilan keputusan heuristic siswa. (2) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika tinggi hanya mampu memenuhi dua kriteria dari satu indikator pengambilan keputusan heuristic siswa yaitu availability. (3) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika rendah subjek mampu memenehui tiga indikator dari kemampuan pengambilan keputusan heuristic siswa yaitu availability, representas, dan anjustment. (4) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika sangat rendah mampu memenuhi seluruh kriteria dari masing-masing indikator pengambilan keputusan heuristic siswa yaitu availability, representas, anjustment, dan anchouring. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro