DETAIL DOCUMENT
PELEVELAN MODEL MENTAL SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP PENGGUNAAN TEOREMA PHYTAGORAS PADA SISWA SMP
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
RACHMAWATI, NINDA SINTYA
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-27 08:38:18 
Abstract :
Abstrak Rachmawati, N.S. 2019. Pelevelan Model Mental Siswa Dalam Memahami Konsep Penggunaan Teorema Phytagoras Pada Siswa SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dra. Junarti, M.Pd., (II) Anita Dewi Utami, M.Pd. Kata kunci: pemahaman konsep, model mental, phytagoras Suatu domain belajar, pemahaman merupakan prasyaratan mutlak untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Pelevelan model mental siswa merupakan salah satu cara dimana seorang pengajar dapat meninjau sejauh manakah pemahaman siswa berdasarkan tingkatan masing ? masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan enam level model mental siswa dalam memahami konsep penggunaan teorema phytagoras pada siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 61 siswa yang merupakan gabungan dari 30 siswa kelas VIII A dan 31 siswa kelas VIII B. Diambilnya dua kelas subjek tersebut adalah agar terpenuhi keenam level model mental. Keenam puluh satu subjek tersebut diberikan soal tes, kemudian dipilih masing ? masing dari perwakilan model mental yang telah memenuhi kriteria yaitu 2 siswa untuk diwawancarai. Sehingga terdapat 12 siswa yang menjadi sample wawancara. Untuk memastikan kevalidan data, peneliti menganalisis data dengan dua cara yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan ada enam level model mental siswa dalam memahami konsep penggunaan teorema phytagoras yaitu model mental pra ? inisial, inisial, transisi 1, sintesis, transisi 2, dan formal. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro