DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
FERDIAWATI, RISKI
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-27 09:05:42 
Abstract :
Abstrak Ferdiawati, Riski. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Gaya Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Drs. Sujiran, M.Pd., (II) Dian Ratna Puspananda, M.Pd. Kata kunci: komunikasi matematis, pemecahan masalah, gaya belajar, lingkaran. Kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Komunikasi matematis adalah cara penyampaian ide-ide pemecahan masalah, strategi maupun solusi matematika baik secara tertulis maupun lisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan lingkaran. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Islam 45 Tambakboyo Tuban kelas VIII-A semester dua tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan pembagian angket gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik (V-A-K). Kemudian diberikan tes tulis materi lingkaran dengan menggunakan penilaian indikator kemampuan komunikasi matematis. Didapatkan 6 siswa yaitu 2 subjek dengan gaya belajar visual, 2 subjek dengan gaya belajar auditori, dan 2 subjek dengan gaya belajar kinestetik. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, angket gaya belajar, tes tulis materi lingkaran, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual memenuhi 4 indikator kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar auditorial memenuhi 2 indikator kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik memenuhi 3 indikator kemampuan komunikasi matematis. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro