DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN PENALARAN MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
LUTFI, M. KHOIRUL
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-27 09:28:10 
Abstract :
ABSTRAK Khoirul Lutfi, M. 2019. ?Analisis Kesalahan Penalaran Matematis Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Limas Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Balen Tahun Pelajaran 2018/2019?. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dra. Junarti, M.Pd. (II) Anita Dewi Utami, M.Pd. Kata Kunci : Analisis Kesalahan Penalaran Matematis, Luas Permukaan Dan Volume Limas. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kesalahan penalaran matematis pada pokok bahasan luas permukaan dan volume limas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Balen kelas viii e. Pemilihan sampel menggunakan metode sample bertujuan (Purosive Sample) yaitu pengambilan sampel dengan melihat hasil tes tulis analisis kesalahan penalaran matematis dari 8 subjek dengan inisial IF, FA, MI, MA, JS, HF, MD, HJ. Analisis data menggunakan metode tes dan metode wawancara serta uji keabsahan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : 1) subjek pada memperkirakan jawaban dan proses solusi, subjek tidak dapat menduga volume air di dalam kubus yang di dalamnya di masukkan piramida dengan ukuran tertentu. 2) subjek pada menganalisis pernyataan-pernyataan serta memberikan penjelasan/alasan yang dapat mendukung atau bertolak belakang, subjek tidak dapat memeriksa jawaban atau pendapat atas pernyataan yang berkaitan dengan jaring-jaring limas. 3) subjek pada mempertimbangkan validitas dari argumen yang menggunakan berpikir deduktif atau induktif, subjek tidak dapat menunjukkan bukti kebenaran/ketidakbenaran tentang selisih volume limas sebelum dan sesudah mengalami perpanjangan, jika panjang rusuk alas mengalami perubahasan. 4) subjek pada menggunakan data yang mendukung untuk menjelaskan mengapa cara yang digunakan serta jawaban adalah benar atau salah dan memberikan penjelasan dengan menggunakan model, fakta, sifat-sifat dan hubugan, subjek masih salah dalam menyajikan alasan dari pernyataan tentang kesamaan volume dari 3 buah limas yang diberikan. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro