Abstract :
ABSTRAK
Nisa, Elsa Okta Khoirun. 2019. Pengaruh Metode Active Learning Tipe Team
Quiz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas
XI di MA Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro Tahun Pelajaran
2018/2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). Nur
Rohman, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing (II). Taufiq Hidayat, S.Pd.,M.Pd.
Kata kunci : metode active learning tipe Team Quiz, hasil belajar
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apakah metode
active learning tipe team quiz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Ekonomi kelas XI di MA Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro
tahun pelajaran 2018/2019.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling
jenuh karena hanya terdapat dua kelas yang dijadikan responden, yaitu siswa kelas
XI.IPS.1 yang berjumlah 23 siswa yang dijadikan kelas eksperimen, sedangkan
siswa kelas XI.IPS-2 yang berjumlah 19 siswa yang dijadikan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan eksperimen.
Hasil penelitian ini adalah metode active learning tipe team quiz
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di
MA Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini
berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan rumus polled varians, dimana
thitung sebesar 7,524 yang dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5%,
yaitu sebanyak 2,021. Ternyata, hasil thitung lebih besar daripada ttabel (thitung > ttabel
atau 7,524 > 2,021). Dengan demikian, hipotesis alternatif (H1) akhirnya menjadi
jawaban atas rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu metode active learning
tipe team quiz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Ekonomi kelas XI di MA Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro tahun
pelajaran 2018/2019.