DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS TERPADU POKOK BAHASAN LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL MTS HASYIM ASY’ARI KRADENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
ASTRIA, RIMA PUNGGIH
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-03-04 08:10:50 
Abstract :
ABSTRAK Astria, Rima Punggih. 2019. Pengaruh Kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS terpadu pokok bahasan lembaga keuangan dan perdagangan internasional tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). Fruri Stevani, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing (II). Novi Mayasari, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Kedisiplinan belajar, prestasi belajar Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII di MTs Hasyim Asy?Ari Kradenan tahun pelajaran 2018/1019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, sehingga terpilih siswa kelas VIII.A MTS Hasyim Asy?Ari yang berjumlah 30 siswa .Hasil penelitian ini adalah prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dari hasil penghitungan secara statistik yang dibantu dengan program SPSS ver. 23, diperoleh hasil bahwa nilai thit adalah 4,584. Nilai tersebut kemudian dibandingkan dengan ttab yang telah diketahui sebesar 2,048 yang diperoleh dari dk = n ? 1 = 30 ? 1 = 29. Maka, dapat diketahui bahwa thit > ttab atau 4,584 > 2,048, sehingga Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTS Hasyim Asy?Ari Kradenan tahun pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro