DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIIIA MTs DARUL FALAH CEPU TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
LESTARI, YULIANA
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-03-04 08:31:13 
Abstract :
ABSTRAK Lestari Yuliana,2019. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Strategi Pembelajaran Team Game Tournament Pada Siswa Kelas VIII A MTs Darul Falah Cepu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Sarjana IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr.Ahmad Hariyadi, M.Pd, (II) Rika Pristian Fitri Astuti, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Peningkatan,Keaktifan, Team Games Tournament Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran Team Games Tournament dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas VIII A MTs Darul Falah Cepu Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis deskripstif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VIII A MTs Darul Falah Cepu dengan jumlah 20 siswa yang terdiri atas 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Objek penelitian ini adalah keaktifan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Tes, dan dokumen. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan strategi pembelajaran Team Games Tournament, Hal ini dapat dilihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru, 2) Kemampuan siswa mengemukakan pendapat, 3) memberikan gagasan yang cemerlang, 4) Kerjasama dalam kelompok. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 51,78%. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 69,64%. Pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 80,35%. Hal ini berarti peningkatan keaktifan belajar siswa melebihi indikator pencapaian yakni 75%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada kelas VIII A MTs Darul Falah Cepu. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro