DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KOMUNIKASI GURU DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA MA MATHOLI’UL FALAH SIMO KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
ELYANI, DWI
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-03-05 03:33:33 
Abstract :
ABSTRAK Elyani, Dwi. 2019. ?Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X dan XI MA Matholi?ul Falah Simo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban Tahun Ajaran 2018/2019?. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Nurrohman, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing (II) Taufiq Hidayat, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Guru, Kreativitas Guru dan Hasil Belajar Ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi?ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019; (2) Pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi?ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019; (3) Pengaruh kemampuan komunikasi guru dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi?ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dan XI MA Matholi?ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 75 orang. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi koefisien determinasi, uji hipotesis dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komunikasi guru terhadap hasil Ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi?ul Falah Simo ditunjukkan dengan nilai thitung= 2,683 dan ttabel= 1,996 (2,683 > 1,996) dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi?ul Falah Simo ditunjukkan thitung= 3,390 dan ttabel= 1,996 (3,390 > 1,996) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komunikasi guru dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X dan XI MA Matholi?ul Falah Simo ditunjukkan dengan Fhitung 12,507 > Ftabel 3,12 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro