DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE GENIUS LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS POKOK BAHASAN MENDESKRIPSIKAN PASAR MONOPOLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SEKOLAH SMK PGRI 2 BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2018 / 2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
SETYANINGRUM, RETNO
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-03-05 07:47:33 
Abstract :
ABSTRAK Setyaningrum, Retno. 2019. Pengaruh Metode Genius Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Pokok Bahasan Mendeskripsikan Pasar Monopoli Terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Bojonegoro Tahun Ajaran 2018-2019, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Fruri Stevani, S.Pd. M.Pd. (II), Novi Mayasari, S.Pd. M.Pd. Kata kunci: Metode Genius Learning, Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Tujuan penelitian ini untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh metode Genius Learning terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK PGRI 2 Bojonegoro 2018/2019. Jenis penelitian adalah eksperimental (Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Bojonegoro. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sumpling. Kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Tes diujicobakan untuk mengukur validitas isi berdasarkan pada indek formula aiken, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data meliputi uji normalitas dengan metode Lilliefors, uji homogenitas dengan uji f, uji keseimbangan dengan uji t, dan uji hipotesis dilakukan menggunakan rumus Polled Varians. Perhitungan data awal menunjukkan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal, uji homogenitas diperoleh variansi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen,uji keseimbangan menunjukkan kedua kelompok dalam keadaan seimbang. Perhitungan uji hipotesis thitung = 2,8096 dan ttabel = 2,0017 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 60. Kesimpulan dari analisis data tersebut adalah ada pengaruh Metode Genius Learning pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Bojonegoro tahun ajaran 2018/2019. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro