DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH CEPU PADA MATERI ALJABAR
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
NANDHIYAH, EZA PUTRI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-11-16 02:21:06 
Abstract :
Putri Nandhiyah, Eza, 2023. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Cepu Pada Materi Aljabar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd., (II) Ali Mujahidin, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Konsep, Prinsip, Aljabar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Cepu pada materi aljabar. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Cepu tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 19 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, angket atau kuesioner, wawancara, dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Cepu dalam menyelesaikan persoalan aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip adalah (a) di dalam penguasaan konsep, siswa masih mengalami kesulitan dalam menggunakan gambar dan simbol untuk mempresentasikan konsep; (b) kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam penguasaan konsep adalah ketika siswa harus menyajikan himpunan dengan diagram venn; (c) di dalam penguasaan prinsip, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengapresiasikan peran prinsip-prinsip dalam matematika. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro