DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MANAJEMEN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 KEDUNGTUBAN
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
YULIANA, FITRA DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-11-16 04:16:39 
Abstract :
Yuliana, Fitra Dwi, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Manajemen Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban. Skripsi, Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Dosen Pembimbing (I) Rika Pristian F.A, S.Pd. M. Pd, (II) Anis Umi Khoirotunnisa, S.Pd. M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi manajemen kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental. Penelitian ini termasuk jenis metode penelitian eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban Tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 4 kelas yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 118 siswa. Dengan sampel dalam penelitian ini adalah 46 siswa. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh sedangkan teknik samplingnya menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas tes, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach?. Teknik analisis data data yaitu dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji analisis regresi linear sederhana sedangkan uji hipotesis menggunakan uji parsial (t). Hasil penelitian menunjukkan (1) media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi manajemen kelas X SMK tMuhammadiyah 1 Kedungtuban. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata post test siswa kelas eksperimen yaitu 86,73 sedangkan untuk rata-rata pre test kelas kontrol yaitu 35,26 perbedaan ini diperkuat berdasarkan uji t dengan nilai thitung = 5.647 dan ttabel = 2,014 sehingga tthitung > ttabel atau nilai signifikansi t sebesar 0,000 < 0.05. Kata kunci : Media, audio visual, hasil belajar 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro