DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL HIKMAH SUMBERWANGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
ROZAK, ABDUL
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-03-05 09:17:13 
Abstract :
ABSTRAK Rozak Abdul. 2019. Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Di MTs Al Hikmah Sumberwangi Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Dr Ifa Khoiria Ningrum,M.M. (II) Ayu Fitrianingsih, M.Pd. Kata kunci : Motivasi, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar IPS. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Al Hikmah Sumberwangi Kanor Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah eksperimental (Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al Hikmah Sumberwangi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sumpling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 30 siswa.. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Tes diujicobakan untuk mengukur validitas isi berdasarkan pada indek formula aiken, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Perhitungan data awal menunjukkan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal, uji homogenitas diperoleh variansi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen,uji keseimbangan menunjukkan kedua kelompok dalam keadaan seimbang. Perhitungan uji hipotesis thitung = dan ttabel = pada taraf signifikan 5% dengan dk = 58. Kesimpulan dari analisis data tersebut adalah ada pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap prestasi siswa kelas VIII pada pelajaran IPS Di MTs Al Hikmah Sumberwangi tahun ajaran 2018/2019. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro