DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MA MATHOLI’UL FALAH SIMO TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
KHASANAH, USWATUN
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-03-05 09:23:46 
Abstract :
ABSTRAK Hasanah. Uswatun. 2019. ?Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MA Matholi?ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019?. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, FPIPS, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing. (I) Dr. Ifa Khoiria Ningrum, M.M. (II) Ernia Duwi Saputri, S.Pd., M.H. Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Matholi?ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Matholi?ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019; (3) pengaruh minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Matholi?ul Falah Simo Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di MA Matholi?ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Matholi?ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan nilai thitung sebesar 3.169 lebih besar dari ttabel 2.016 (3.169 > 1,681) dengan nilai signifikasi 0,003 < 0,05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Matholi?ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan nilai thitung 4.087 lebih besar dari ttabel 2.016 (4.087 > 1,681) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Matholi?ul Falah Simo tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan nilai Fhitung 20,363 lebih besar dari Ftabel 3,21 (20,363 > 3,21) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro