Abstract :
Liqo?, Fithrotul Khoiri Yaumul. 2023. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind
Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Islam Nurul
Ulum Kemiri Tahun Ajaran 2022/2023. Proram Studi Pendidikan Ekonomi,
Fakultas Pendidikan Ilmu Penetauan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro,
Pembimbing (I) Dr. Fruri Stevani, M.Pd., (II) Boedy Irhadtanto, S.T., M.Pd.
Kata Kunci: Mind Mapping; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh positif
penggunaan metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa
kelas VIII SMP Islam Nurul Ulum Kemiri. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif jenis regresi linear sederhana dengan teknik pengumpulan
data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwasetelah
pembelajaran dengan metode mind mapping dari yang awalnya rata-rata nilai
siswa sebesar 56,91 meningkat menjadi 77,65. Selain itu hasil thitung lebih besar
dari ttabel dengan perbandingan 6,716 > 1,696, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap
hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Islam Nurul Ulum Kemiri.