DETAIL DOCUMENT
EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SUGIHWARAS
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
DESTIASA, ELLISA ICHA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-12-01 06:15:25 
Abstract :
Destiasa, Ellisa Icha. 2023. Eksperimentasi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Powtoon Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sugihwaras. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Fruri Stevani, S.Pd., M.Pd., (II) Boedy Irhadtanto, S. T., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powtoon, Prestasi Belajar, Ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon dengan siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Sugihwaras. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Dimana pendekatan ini digunakan untuk meneliti data yang berupa angka-angka yang sudah diolah dan dianalisis dalam bentuk analisis statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 128 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 cara yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Metode dokumentasi dilakukan dengan meminta dokumen-dokumen kepada pihak yang bersangkutan. Dokumentasi digunakan untuk menjaring data mengenai jumlah siswa dan prestasi belajar siswa. Sedangkan observasi digunakan untuk melihat keadaan kelas, mengamati perilaku peserta didik, apakah peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran secara baik atau memiliki minat belajar yang kurang, serta permasalahan-permasalahan lain yang sedang dihadapi oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Metode tes digunakan peneliti untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa terhadap pembelajaran. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon dengan siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Sugihwaras, dari hasil uji Paired Sampel T-Test dengan bantuan program SPSSv24.00 data menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan prestasi berlajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran Powtoon dengan siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Sugihwaras. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro