DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERGAULAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMAN 1 KEDUNGADEM TAHUN AJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
Shihab, Ahmad Alwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-12-01 07:02:37 
Abstract :
Shihab, Alwi Ahmad, 2023. Pengaruh Pergaulan Kelompok Teman Sebaya dan Iklim Sekolah Terhadap Perilaku Bullying di SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ali Mujahidin, S.Pd., M.M., (II) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah, perilaku Bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pergaulan kelompok teman sebaya terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023, (2) Pengaruh iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023, (3) Pengaruh pergaulan kelompok teman sebaya dan iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan uji hipotesis. Populasi di penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 595 siswa, teknik sampling di penelitian ini menggunakan teknik Cluster random sampling, dengan rumus Slovin memperoleh dengan jumlah 86 siswa. Prosedur pengambilan data mengunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh antara pergaulan kelompok teman sebaya terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem, dengan nilai sig. 0,003 < 0,05 dan nilai t hitung 3,114 > 1,988. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pergaulan kelompok teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku bullying, (2) terdapat pengaruh antara iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem, dengan nilai sig. 0,011 < 0,05 dan nilai t hitung 2,610 > 1,988. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku bullying, (3) terdapat pengaruh antara pergaulan kelompok teman sebaya dan iklim sekolah terhadap perilaku bullying di SMAN 1 Kedungadem, dengan nilai sig. 0,002 < 0,05 dan nilai f hitung 7,035 > 3,110. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pergaulan kelompok teman sebaya dan iklim sekolah secara simultan berpengaruh terhadap perilaku bullying. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro