Abstract :
Ervinayanti, Sevty. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa
Kelas VIII-A MTs Salafiyah Syafi?iyah Sukosewu dengan Model
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Google
Classroom. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP PGRI Bojonegoro,
Pembimbing (I) Novi Mayasari, S.Pd., M.Pd., (II) Abdul Ghoni A, S.Pd.,
M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, PBL, Google Classroom
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi siswa
kelompok atas, tengah, bawah serta jenis kesalahan dalam mengerjakan soal
Koordinat Kartesius kelas VIII-A MTs Salafiyah Syafi?iyah Sukosewu dengan
model PBL berbantuan Google Classroom. Metode penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTs Salafiyah
Syafi?iyah Sukosewu dengan Subjek penelitian 3 kelompok yaitu atas, tengah dan
bawah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara.
Adapun hasil dari penelitian, (1) Kemampuan literasi matematika siswa
kelompok atas, tengah, bawah pada model PBL berbantuan Google Classroom
yaitu sebagai berikut:
a) Siswa kelompok atas mampu mengerjakan sebanyak 4 soal dari 5 soal, mampu
membaca soal, memahami masalah, trampil dalam proses mengerjakan, dan
mampu menuliskan jawaban dengan tepat.
b) Siswa kelompok tengah mampu mengerjakan sebanyak 4 soal dari 5 soal,
mampu membaca soal, memahami masalah, mampu transformasi masalah, dan
mampu menuliskan jawaban dengan tepat.
c) Siswa kelompok bawah mampu mengerjakan sebanyak 2 soal dari 5 soal,
mampu membaca soal dan transformasi masalah.
Dan (2) Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal literasi matematika pada materi
Koordinat Kartesius dengan model PBL yaitu sebagai beriku:
a. Kesalahan siswa pada kelompok atas (KA) terletak pada soal nomer 1.
Faktor kesalahannya yaitu siswa kurang memahami rumus dan
melakukan kesalahan transformasi masalah.
b. Kesalahan siswa pada kelompok tengah (KT) terletak pada soal nomer 5.
Faktor kesalahannya yaitu siswa kurang memahami soal karena tergesagesa
dan melakukan kesalahan ketrampilan proses.
c. Kesalahan literasi matematika siswa pada kelompok bawah (KB) terletak
pada soal nomer 1, 3 dan 5. Faktor kesalahannya yaitu siswa kurang
memahami soal tidak fokus, lupa dan tidak teliti serta melakukan
kesalahan memahami masalah, kesalahan ketrampilan proses, dan
kesalahan penulisan jawaban.