DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KENDURUAN
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
DEWI, ELSA PUSPITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-12-06 08:52:54 
Abstract :
Dewi, Elsa Puspita. 2023. Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Di SMPN 1 Kenduruan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Taufiq Hidayat, M.Pd. Kata kunci : Flipped Classroom, kemampuan berpikir kritis, respon, video Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Flipped Classroom berbasis video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pembelajaran di SMPN 1 Kenduruan serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran Flipped Classroom. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan design Quasi Experimental Sampel dari penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik kelas VII E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan angket. Dari hasil uji Independent Sample T Test yang menunjukkan hasil nilai signifikansi 0,039 < 0,05 untuk kelas eksperimen. Sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi 0,040 < 0,05. Diperoleh t hitung sebesar 2,109 untuk kelas eskperimen dan 2,102 untuk kelas kontrol. Sehingga diperoleh t hitung > t tabel (2,109 > 1,999) dan (2,102 > 1,999). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh signifikan yang signifikan pembelajaran Flipped Classroom berbasis video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di SMP Negeri 1 Kenduruan tahun ajaran 2022/2023. Hal itu berarti bahwa pembelajaran Flipped Classroom lebih baik dari pembelajaran Konvensional. Selanjutnya didukung oleh hasil analisis respon peserta didik yang menunjukkan bahwa berdasarkan 2 aspek respon terhadap video pembelajaran dengan presentase 82,375% yang artinya peserta didik merespon sangat baik dan 3 aspek terhadap pembelajaran Flipped Classroom dengan presentase 80,16% yang berarti peserta didik merespon dengan baik. Hal ini menunjukkkan bahwa peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan Flipped Classroom memberikan respon baik. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro