DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 JIKEN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
PUTRI, DINA ANGGREINI YULIA
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-12-07 04:34:37 
Abstract :
Putri, Dina, Anggreini Yulia, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik kelas VIII SMP N 2 Jiken Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Falkutas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd., (II) Dr. Taufiq Hidayat, M.Pd. Kata Kunci : Inquiri Based Learning (IBL), berpikir kritis, minat belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiri Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik serta Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 2 Jiken yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiri Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan desain penelitian postest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Jiken. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket minat belajar peserta didik. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test melaui bantuan Software SPSS. Sedangkan angket minat belajar peserta didik dianalisis dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiri Based Learning (IBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP N 2 Jiken pada materi bangun ruang sisi datar dengan nilai sig(2.tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kemampuan berpikir kritis pesertadidik yang diajar dengan model pembelajaran Inquiri Based Learning dari masing-masing indikator berpikir kritis tergolong sangat tinggi serta didukung dengan minat belajar peserta didik yang tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Inquiri Based Learning jauh lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro