Abstract :
Yulianti, Siswanti Ika . Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berfikir
Kritis Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII SMP N 1 Soko . Skripsi ,
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan . Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing
(I) Dr. Ernia Duwi Saputri, S.Pd., M.Pd, (II) Drs. Heri Ismaya, M.H.
Kata Kunci : Strategi Guru, PPKn, Berfikir Kritis
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan arus globalisasi dan
juga tuntutan zaman, generasi muda tentu akan menjadi generasi penerus bangsa yang
memimpin dan membawa perubahan bagi bangsanya kearah yang lebih baik. Berfikir
kritis , rasional, dan kreatif melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru
dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran
pendidikan pancasila dan kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP N 1 Soko. Populasi
pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Soko dengan jumlah 286 siswa,
berdasarkan teknik sampling , dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 10 siswa
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan
melalui observasi , wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang valid
peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data dan metode. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data dengan model interaktif. Model ini berawal dari
pengumpulan data, mendisplay data, dan sampai ke verifikasi dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, strategi yang dilakukan guru
mata pelajaran PPKn dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa adalah
dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspotori, heuristic dan reflektif. Strategi
ini melibatkan penyampaian materi secara verbal, mendorong siswa untuk aktif dalam
proses pembelajaran, dan merefleksikan pembelajaran sebelumnya. Penggunaan strategi
ini berhasil meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Kedua, untuk kemampuan
berfikir kritis yang dimiliki oleh siswa di SMP N 1 Soko berada pada tingkat yang
bagus menurut guru pengajar PPKn sebagaimana dipertimbangkan melalui pengalaman
belajar siswa sehari hari sesuai dengan kriteria dan indikator berfikir kritis siswa.