Abstract :
Abstrak
Agustina, I.D. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Program Indonesia Pintar (PIP)
Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajran Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan (PPKn) di MTs. Ulul Albab Plesungan Kecamtan
Kapas Kabupaten Bojonegoro Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP
PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd., (II) Rika
Pristian Fitri Astuti, M.Pd.
Kata kunci: Program Indonesia Pintar (PIP), Prestasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
dari pemanfaatan Program Indonesia Pintar (PIP) terhadap prestasi belajar siswa
dalam mata pelajaran PPKn.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Ulul Albab
Plesungan Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah populasi dari
siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) yaitu sebanyak 25 siswa. Teknik
sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh sehingga mengambil
sampel dari seluruh populasi.
Dari hasil uji t yang dilakukan menerangkan bahwa Pemanfaatan Program
Indonesia Pintar (PIP) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata
pelajaran PPKn di MTs Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro, hal ini
dibuktikan dengan hasil yang telah dianalisis secara manual yaitu nilai t hitung
sebesar 2,615 lebih besar dari t tabel yaitu 2,069. Dengan demikian H0 ditolak dan
Ha diterima, artinya terdapat pengaruh dari Pemanfaatan Program Indonesia Pintar
(PIP) terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam mata pelajaran PPKn di MTs Ulul
Albab Plesungan Kapas Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019.
Abstract
Agustina, I.D. 2019. The Influence of the Utilization of the Smart Indonesia
Program (PIP) Against Student Learning Achievement in the Subjects of
Pancasila and Citizenship Education (PPKn) in MTs. Ulul Albab
Plesungan Kapas District Bojonegoro Regency First Semester in
Academic Year 2018/2019. Thesis, Pancasila and Citizenship Education
Study Program, Faculty of Social Sciences Education, IKIP PGRI
Bojonegoro, Supervisor (I) Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd., (II) Rika
Pristian Fitri Astuti, M.Pd.
Keywords: Smart Indonesia Program (PIP), Learning Achievement
The purpose of this study was to determine whether there is an influence
of the use of the Smart Indonesia Program (PIP) on student achievement in PPKn
subjects.
The type of research used in this research is quantitative research
methods. The research was conducted at MTs Ulul Albab Plesungan, Kapas
District, Bojonegoro Regency with a population of 25 Smart Indonesian Card
Holder (KIP) students. The sampling technique in this study uses saturated
sampling so that it takes samples from the entire population.
From the results of the t test carried out explaining that the Utilization of
the Smart Indonesia Program (PIP) has an effect on student achievement in PPKn
subjects at MTs Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro, this is evidenced by the
results that have been analyzed manually ie the t value of 2.615 is greater from t
table that is 2,069. Thus H0 was rejected and Ha was accepted, meaning that
there was an influence from the Utilization of the Smart Indonesia Program (PIP)
on Student Learning Achievement in PPKn subjects at MTs Ulul Albab Plesungan
Kapas Bojonegoro Academic Year 2018/2019.