Abstract :
Laily, Anik Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script
Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan
Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro Tahun
Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI
Bojonegoro. Pembimbing: (1) Ari Indriani, M.Pd. (2) Novi Mayasari,
M.Pd.
Kata Kunci : Script, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe script terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada
pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro tahun
pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research) dengan Post Test Control Grup
Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1
Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari sembilan
kelas dengan jumlah siswa 288 siswa. Populasi tersebut diambil dua kelas sampel
yaitu kelas VII-A dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi
perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe script dan kelas VII-B dengan
jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran
langsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini adalah metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes
kemampuan komunikasi matematis siswa yang terdiri dari 5 soal uraian. Teknik
analisis data atau pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik dengan uji t
dan dilakukan analisis uji prasyarat dengan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji
Bartlett untuk uji homogenitas serta uji t untuk uji keseimbangan. Berdasarkan
hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan kemampuan komunikasi
matematis siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe script
didapat thitung = 3,275 > ttabel = 2,297 sehingga thitung ? DK maka H0 ditolak, artinya
ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script terhadap kemampuan
komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP
Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019.