Abstract :
ABSTRAK
Rahayu, Sri. 2019. Peningkatan Motivasi Belajar PPKn Melalui Metode Problem Based
Learning pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I)
Ayu Fitrianingsih, M.Pd. (II) Ernia Duwi Saputri, S.Pd. M.H.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Problem Based Learning
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar PPKn siswa kelas
X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban. Hal ini diduga disebabkan oleh
pola pembelajaran yang dilakukan guru. Masih membuat siswa kurang aktif dalam
proses pembelajaran serta kurangnya variasi model dalam pembelajaran PPKn.
Problem Based Learning adalah Pembelajaran yang memiliki esensi berupa
penyuguhan berbagai bermasalah yang autentik dan bermakna kepada peserta didik,
yang dapat berfungsi sebagai sarana untuk melakukan investigasi dan penyelidikan.
Di awal pembelajaran peserta didik diberi permasalahan terlebih dahulu selanjutnya
masalah tersebut diinvestigasikan dan dianalisis untuk dicari solusinya. Jadi, peran guru
dalam pembelajaran adalah memberikan fasilitas terhadap penyeledikan peserta didik.
Tujuan Penelitian adalah Mengetahui dampak penerapan metode Problem Based
Learning terhadap pembelajara PPkn kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1
Kedungtuban untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dari
3 (tiga) siklus. Setiap siklus meliputi 4 (empat) tahapan yaitu: 1. Perencanaan
2. Pelaksanaan 3. Observasi 4. Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X
Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban dengan 3(tiga) kali pertemuan, subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi Semester Genap Tahun Pelajaran
2018/2019 yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiri 7 putra dan 19 putri.
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi belajar dari
siklus I, siklus II, siklus III dan dapat dilihat dari nilai kualitatif. Setelah melaksanakan
penelitain tindakan kelas, disimpulkan bahwa model problem based learning dapat
meningkatkan motivasi belajar PPKn siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1
Kedungtuban.