DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 5 KALITIDU
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
NURRAHMAN, BAYU ARDI
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-06-23 03:45:34 
Abstract :
ABSTRAK Bayu Ardi Nurrahman, 2019,?latar belakang sosial ekonomi orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas XI SMK Muhammadiyah 5 kalitidu?. Fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) M. zainudin, M.Pd., (II) Ali Mujahidin, s.Pd., M.M Kata kunci : latar belakang sosial ekonomi, disiplin belajar, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latar belakang sosial ekonomi orangtua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas XI SMK MUHAMMADIYAH 5 kalitidu. Ada tidaknya pengaruh displin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas XI SMK MUHAMMADIYAH 5 kalitidu. Dan ada tidaknya pengaruh latar belakang sosial ekonomi orangtua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas XI SMK MUHAMMADIYAH 5 kalitidu. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Penelitian ex-post facto adalah penelitian yang bertujuan menemukan penyebab kemungkinan terjadinya perubahan perilaku, gejala, atau fenomena yang disebabkan suatu peristiwa, perilaku atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variable bebas yang secara keseluruhan sudah terjadi. Sedangkan jika ditinjau dari paradigmanya, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kalitidu Kabupaten Bojonegoro yang menjadi wakil populasi Dari jumlah populasi sebanyak 43. Hasil penelitian ini menunjukan tidak ada pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar. pada mata pelajaran IPS Kelas XI SMK MUHAMMADIYAH 5 kalitidu. Ada pengaruh displin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas XI SMK MUHAMMADIYAH 5 kalitidu. Dan tidak ada pengaruh latar belakang sosial ekonomi orangtua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas XI SMK MUHAMMADIYAH 5 kalitidu secara bersama-sama. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua dan disiplin belajar tidak memberi pengaruh, sehingga diperoleh () sebesar 0,125 atau 12,5% artinya Hasil Belajar pada siswa SMK Muhammadiyah 5 Kalitidu 12,5% tidak dipengaruhi oleh variabel latar belakang sosial ekonomi keluarga dan disiplin belajar, sedangkan 87,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro