DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN KERJASAMA INTERNASIONAL KELAS XI SMAN 1 KALITIDU TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
YUNIATI, LUTVIANA
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-06-24 08:25:10 
Abstract :
ABSTRAK Yuniati, Lutviana. 2019. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Kalitidu Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) M. Zainudin, M. Pd., (II) Ali Mujahidin, S.Pd, M.M Kata Kunci : CTL Audio Visual, Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Kalitidu Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena pada beberapa SMA di kecamatan Kalitidu pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi umumnya menggunakan direct instruction. Hal ini disebabkan karena siswa sering terlihat bosan dalam mengikuti pembelajaran yang masih menggunakan metode Teacher Center Learning dan pembelajaran juga belum menggunakan media, sehingga partisipasi siswa kurang aktif, pendekatan CTL berbantu media audio visual dirasa lebih efisien untuk dijadikan strategi dan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi kasus pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalitidu. Populasi penelitiannya seluruh kelas XI yang berjumlah 252 yang terbagi dalam 8 kelas. Jumlah sampel penelitian adalah 68. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji realibilitas, uji taraf kesukaran, uji daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan dan uji hipotesis. Untuk kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 1, dan kelas kontrol adalah kelas XI IPS 2. Sedangkan kelas uji coba adalah kelas XI IPA 1. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Analisis instrumen tes menggunakan validitas isi dan reliabilitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, menunjukan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dengan thitung = 3,7004 dan 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro