Abstract :
ABSTRAK
Barid, Arin Baroroh. 2019. Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa
yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered
Head Together) dengan Tipe Make A Match Pada Materi Segiempat Kelas
VII MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora Tahun Pelajaran
2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI
Bojonegoro. Pembimbing: (1) Ari Indriani, M.Pd. (2) Novi Mayasari,
M.Pd.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, NHT, Make A Match.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
(Numbered Head Together) dengan Make a Match pada materi segiempat kelas
VII MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparasi. Desain penelitian
yang digunakan The Non Equivalent Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII berjumlah 96
siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII B berjumlah 32 siswa sebagai
kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe
NHT (Numbered Head Together) dan kelas VII C berjumlah 32 siswa sebagai
kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe
Make a Match. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple
Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode
wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Instrumen yang digunakan
untuk pengumpulan data adalah soal tes prestasi belajar yang terdiri dari 8 soal
uraian yang sebelumnya terdiri dari 10 soal uraian yang diuji dengan validitas isi,
validitas konsistensi internal, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda.
Teknik analisis data atau pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik dengan
uji t dengan rumus Separated Varians dan dilakukan analisis uji prasyarat
diantaranya adalah uji normalitas dengan metode Lilliefors, dan uji homogenitas
dengan metode Bartlett, serta uji keseimbangan dengan uji t dua pihak.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan prestasi
belajar matematika siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe
NHT dan Make A Match diperoleh thitung = 5,5174 > ttabel = 2,2971 dengan tingkat
signifikansi 5%, sehingga thitung ? DK dan keputusan ujinya H0 ditolak, maka
Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head
Together) dengan Make a Match pada materi segiempat kelas VII MTs Al-
Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019.