DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DIKOMBINASIKAN DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MATA PELAJARAN IPS TERPADU POKOK BAHASAN KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL MTS AT-TAQWA KEDUNGTUBAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
LESTARI, SRI
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-06-25 03:00:55 
Abstract :
Lestari Sri. 15210033. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Dikombinasikan Dengan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Mata Pelajaran IPS Terpadu Pokok Bahasan Kerjasama Ekonomi Internasional Mts At-Taqwa Kedungtuban Tahun Pelajaran 2018/2019. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing 1) Fruri Stevani, M.Pd. Pembimbing 2) Anis Umi K. M. Pd. Kata kunci: metode mind mapping, metode make a match, hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh positif metode mind mapping dikombinasikan dengan make a match terhadap hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran IPS terpadu pokok bahasan kerjasama ekonomi internasional MTs At Taqwa Kedungtuban tahun pelajaran 2018/2019. Pada penelitian ini terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen untuk metode mind mapping dikombinasikan dengan make a match dan kelas IX B sebagai kelas kontrol untuk metode pembelajaran konvensional. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Cluster random sampling karena pembagian siswa dalam kelas-kelas mempunyai kemampuan yang sama rata. Kelas dipandang sebagai satuan kelompok kemudian tiap kelas diberi nomor untuk diacak dengan undian. Undian terebut dilaksanakan satu tahap dengan dua kali pengambilan. Nomor kelas yang keluar pertama sebagai kelompok kontrol dan nomor kelas yang keluar berikutnya ditetapkan sebagai kelompok eksperimen. Pengambilan sampel secara acak pada populasi dimaksudkan agar setiap kelas pada populasi dapat terwakili. Berdasarkan rata-rata nilai posttest kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, terlihat bahwa rata-rata nilai posttes kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kotrol dengan menggunakan uji t untuk membuktikan apakah ada pengaruh positif pembelajaran yang digunakan untuk membuktikan hipotesis alternatif yang diajukan teruji kebenarannya secara statistik. Berdasarkan uji t yang dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis alternatif menunjukkan bahwa hasil pengujian bahwa harga thitung yang didapatkan adalah 1,25. Besar derajat kebebasan dk = 49 dan taraf signifikan ?=0, 05 didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik sebesar 2,030. Didapatkan hasil bahwa thitung> ttabel ). Dengan demikian h0 di tolak dan h1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif terhadap hasil belajar siwa yang diajarkan dengan pembelajaran mind mapping yang dikombinasikan dengan make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi ekonomi internasional kelas IX MTs At Taqwa Kedungtuban tahun pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro