Abstract :
ABSTRAK
Agung, Ridduwan. 2019. Pengaruh model pembelajaran game-based learning
terhadap prestasi belajar matematika pada materi peluang kelas viii smp
negeri 2 balen tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I)
Dian Ratna P., S.Pd, M.Pd. (II) Drs. Sujiran, M.Pd.
Kata Kunci : game-based learning, prestasi belajar.
Salah satu masalah penting dalam pembelajaran matematika adalah
memperhatikan penggunaan model pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis
permainan. Sehingga dirasa siswa belajar seperti tidak belajar. Contoh model
pembelajaran yang berbasis permainan adalah model pembelajaran game-based
learning.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh model
pembelajaran game-based learning terhadap prestasi belajar matematikapada
materi peluang kelas VIII SMP Negeri 2 Balen tahun pelajaran 2018/2019. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balen. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VIII F sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol,.
Sedangkan kelas VIII A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Penelitian ini
menggunakan model pembelajaran game-based learning.
Berdasarkan uji hipotesis penelitian menggunakan rumus uji t dengan taraf
hasil signifikansi 0,05 didapat thitung sebesar 3,024 sedangkan t0,05;58 = 2,301
dengan DK = {t > 2,301}, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran game-based
learning terhadap prestasi belajar matematika materi peluang semester genap kelas
VIII SMP Negeri 2 Balen tahun pelajaran 2018/2019.