Abstract :
ABSTRAK
Sholekah, Ayu. 2019. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write
(TTW) terhapap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam
Soko Tuban pada sub pokok bahasan balok dan kubus tahun pelajaran 2018/2019.
Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Ari Andriani, M.Pd. (II)
Novi Mayasari, M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW),
Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah model pembelajaran
kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa
kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban pada sub pokok bahasan balok dan kubus
tahun pelajaran 2018/2019.
Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Tarbiyatul Islam Soko kelas VIII
semester II tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII A dan kelas
VIII B. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah cluster
random sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII B dengan jumlah tiap
kelas 30 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII A dengan jumlah 30 siswa
sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa
dokumentasi dan soal. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilai
UAS semester genap siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban tahun pelajaran
2018/2019. Metode tes yang digunakan berupa soal essay sebanyak 10 butir soal. Cara
untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan
menggunakan lembar validitas isi, validitas butir soal dengan rumus product moment,
tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen.
Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk
Write (TTW) sebagai variabel bebas dan kemampuan pemecahan masalah siswa sebagai
variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode
Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji t dengan rumus separeted varians.
vii
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Sabilul Muttaqin Margoagung
didapatkan harga t hitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated
varians yaitu thitung = 2,733. taraf signifikan ? = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat
tabel statistik adalah sebesar 2,301. Didapatkan hasil bahwa thitung bukan anggota DK atau
harga thitung > 2,301, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write
(TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada sub pokok bahasan balok
dan kubus kelas VIII semester II MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberjo tahun
ajaran 2018/2019.