DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU POKOK BAHASAN INTERAKSI SOSIAL DI SMP PGRI NGASEM TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
ROHMAH, NOVIA ULFA ZULFATUR
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-06-25 04:46:02 
Abstract :
ABSTRAK Rohmah, Novia U.Z.R, 2019. Pengaruh Kedisiplinan dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi, Program Studi PendidikanEkonomi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro,Pembimbing (I) Fruri Stevani, S.Pd., M.Pd., (II) Ari Indriani, M.Pd. Kata Kunci : Pengaruh Kedisiplinan dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) mengetahui pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2018/20192016/2017, 3) mengetahui pengaruh kedisiplinan dan minat belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2018/20192016/2017. Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2018/20192016/2017yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 20 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampel. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel kedisiplinan dan minat belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar. Sebelum melakukan analisis data diadakan pengujian prasyarat analisis terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Hasil ini terlihat pada pengujian Uji t, dimana t hitung untuk kedisiplinan 2,673 dalam probabilitas 0,016>0,05 yang berarti bahwa variabel tersebut signifikan. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar. Hasil ini dapat dilihat dari t hitung sebesar 3,704 probabilitas 0,002 >0,05 yang berarti bahwa variabel minat belajar secara parsial berpengaruh signifikan. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji simultan dengan diperoleh f hitung sebesar 10,792 dengan probabilitas 0.001>0.05 yang berarti kedua variabel kedisiplinan dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro