Abstract :
ABSTRAK
Hariyana. 2019. Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Yang Berbasis K-13 Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Purwosari 2018/2019. Fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) M. Zainudin, M. Pd., (II) Ali Mujahidin, S.Pd. M.M.
Kata Kunci : Minat Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Yang Berbasis K-13 Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Purwosari 2018/2019. Penelitian ini merupakan studi kasus pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwosari. Populasi penelitiannya adalah 102. Jumlah sampel penelitian adalah 81. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model persamaan regresi berganda. Untuk kelas eksperimen adalah kelas VII A, kelas VII B dan kelas VII C. Untuk kelas uji coba adalah kelas IX A. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis instrumen tes menggunakan validitas isi dan reliabilitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, menunjukan hasil penelitian bahwa (1) ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa. Dengan thitung = 3,383 dengan taraf nilai sig. 0,002 dan