Abstract :
ABSTRAK
Wulansari,Desi. 2019 ? Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Motivasi Belajar
Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa Kelas X DI
Sekolah Menegah Atas Muhammadiyah 3 Kedungadem Tahun Pelajaran
2018/2019? .
Kata kunci : Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PengaruhKedisiplinan
Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran
Ekonomi siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian ex post facto yang bersifat korelasional sebab akibat dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Hal yang diteliti dalam penelitian ini adalah
tingkat Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil
Belajar. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 37 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Angket ini digunakan
untuk mengetahui nilai signifikan hasil kedisiplinan belajar dan motivasi belajar.
Data dianalis secara regresi berganda untuk mencari uji validitas, uji Normalitas
dan uji hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui: (1) terdapat pengaruh positif
dan signifikan persepsi kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar dengan thitung
sebesar 6.819 dan signifikansi sebesar 0,000; (2) terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan thitung sebesar 5.158
dan signifikansi sebesar 0,001; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan
kedisiplinan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil
belajar dengan Fhitung sebesar 41,474 dan signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan
hasil penelitian tersebut, maka kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dan hasil
belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X Sekolah Menegah Atas
Muhammadiyah 3 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro.