Abstract :
ABSTRAK
Galuh , Nofrika Krisattandi 2019. Pengaruh Pengguanaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ngraho 2018/2019. Fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr.Ifa Khoiria Ningrum,M.M. ., (II) Ernia Duwi Saputri,S.Pd.MH.
Kata Kunci : Pengaruh Pengguanaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas X SMA Negeri 1 Ngraho 2018/2019. Penelitian ini merupakan studi kasus pada siswa kelas X SMA N 1 Ngraho. Populasi penelitiannya adalah 102. Jumlah sampel penelitian adalah 81. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model persamaan regresi
berganda. Untuk kelas eksperimen adalah kelas X IPS 1 kelas X IPS 2 dan kelas X IPS 3.. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis
instrumen tes menggunakan validitas isi dan reliabilitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, menunjukan hasil penelitian bahwa (1) ada pengaruh
lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa. Dengan thitung = 4,389 dengan taraf nilai sig. 0,000 dan 5% = 1,991 dengan taraf nilai sig. 0,05
sehingga H0 ditolak. (2) ada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa. Dengan ? = 2,477 dengan taraf nilai sig. 0,015 dan 5% = 1,991 dengan taraf nilai sig. 0,05 sehingga H0 ditolak. (3) Ada pengaruh lingkungan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa. Dengan ? = 4,300 dengan taraf nilai sig. 0,000 dan = 3,11 dengan taraf nilai sig.
0,05 H0 ditolak.