Abstract :
ABSTRAK
Nur Rahmawati, Ani Alfi. (2019) "pengaruh kemandirian belajaar dan
pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial
siswa SMP Ahmad Yani 4 Kanor Tahun Pelajaran 2018/2019."
Kata kunci : Kemandirian Belajar, Pemanfaatan Sumber Belajar, Hasil Belajar
Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa
faktor diantaranya adalah kemandirian belajar dan pemanfaatan sumber belajar
siswa. Kemandirian belajar merupakan faktor internal yang mendasari siswa
untuk mau belajar, tanpa kemandirian belajar siswa idak dapat belajar secara
maksimal. Pemanfaatan sumber belajar yang dipergunakan oleh siswa dirasa
penting, guna untuk membantu belajar siswa memahami dan menguasai materi
yang dipelajari. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan pemanfaatan sumber belajar
terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Ahmad Yani 4 Kanor
tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto
yang bersifat korelasional sebab akibat dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif.
Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Ahmd Yani 4 Kanor yang
berjumlah 45 siswa, dengan teknik pengmbilan sampel jenis sampling jenuh yang
berjumlah keseluruhan populasi tersebut. Terdapat tiga variabel yang diteliti
dalam penelitian ini yaitu tingkat kemandirian belajar (X1) dan pemanfaatan
sumber belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) yang di nilai pada ranah
afektif, kognitif, dan psikomotor. Pengambilan data diambil melalui angket dan
dokumenasi. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas.
Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh model regresi Y=
3,882+0,531+0,505, Dan hasil uji Parsial kemandirian belajar adalah 0,000 < 0,05
yang berarti hipotesis H0 ditolak, pemanfaatan sumber belajar adalah 0,000 < 0,05
yang berarti hipotesis H0 ditolak, dan hasil uji ANOVA F yaitu 0,000 < 0,05 yang
berarti H0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada
pengaruh kemandirian belajar dan pemnfaatan sumber belajar terhadap hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Ahmad Yani 4 Kanor tahun pelajaran
2018/2019 secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian tersebut menyarankan
kepada siswa agar menggunakan secara lebih efektif sumber belajarnya dan
meningkatkan kemandirian belajar siswa agar selalu memberikan variasi variasi
dalam proses belajarnya untuk menghindari timbulnya rasa bosan ketika proses
belajar berlangsung.