DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PUEWOSARI TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
EFENDI, MOHAMAD YUSUF
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-06-29 05:34:24 
Abstract :
Efendi, Mohamad Yusuf. 2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Purwosari 2018/2019. Fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) M. Zainudin, M. Pd., (II) Ali Mujahidin, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Minat Baca, Prestasi Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Purwosari 2018/2019. Penelitian ini merupakan studi kasus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwosari. Populasi penelitiannya adalah 102. Jumlah sampel penelitian adalah 81. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model persamaan regresi berganda. Untuk kelas eksperimen adalah kelas VIII A, kelas VIII B dan kelas VIII C. Untuk kelas uji coba adalah kelas VIII D. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis instrumen tes menggunakan validitas isi dan reliabilitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, menunjukan hasil penelitian bahwa (1) ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa. Dengan thitung = 4,389 dengan taraf nilai sig. 0,000 dan 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro