Abstract :
ABSTRAK
SitiMarfu?ah,2019.Peningkatan Keterampilan Menulis Fabel Dengan
Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 1
Kunduran Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi
pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan
Seni IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Drs. Syahrul Udin, M.Pd., dan
Pembimbing (II) Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd..
Kata Kunci: Keterampilan menulis, fabel , menggunakan media gambar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan aktivitas
guru dalam proses pembelajaran, (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam proses
pembelajaran, dan (3) meningkatkan kemampuan membaca cepat teks fabel pada
siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kunduran melalui media gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan media gambar
untuk meningkatkan keterampilan menulis fabel yang terdiri dari empat
komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan
(observing), dan refleksi (reflection). Tindakan penelitian ini dilaksanakan dalam
dua tahap yaitu siklus I dan Siklus II. Pengamatan dilakukan oleh mahasiswa
peneliti dan didokumentasikan dalam catatan lapangan. Pada tahap refleksi,
mahasiswa peneliti bersama guru kolabolator berusaha memahami proses,
masalah dan tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara,
pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik
analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan
secara deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kunduran.
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya (1) Peningkatan
keterampilan menulis fabel dengan menggunakan media gambar. (2) Peningkatan
perubahan tingkah laku siswa kearah yang positif setelah dilakukan pembelajaran
peningkatan keterampilan menulis fabel dengan menggunakan media gambar. (3)
Hasil nilai skor hitung peningkatan keterampilan siswa dalam menulis fabel
dengan menggunakan media gambar pada prasiklus sebesar 1625 meningkat pada
siklus I sebesar 2325 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 2585. Hasil
peningkatan rata-rata keterampilan menulis fabel pada prasiklus ke siklus I
sebesar 50.78, pada siklus I sebesar 72.65, sedangkan siklus II sebesar 80.09
pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kunduran Blora pada Tahun Pelajaran
2018/2019.