Abstract :
ABSTRAK
Ghofar, Abdul. 2019.b Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair And Share
(TPS) Dengan Strategi Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Prestasi
BelajarMatematika Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 1 Kapas Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika,Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Junarti, M.Pd.
(2) Anita Dewi Utami, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) perbedaan yang signifikan model
pembelajaran think pair and share (TPS) dengan strategi two stay two stray
(TSTS) daripada model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar
matematika siswa. 2) perbedaaan yang signifikan siswa dengan komunikasi
matematis yang tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa
dengan kemampuan komunikasi matematis rendah. 3) interaksi antara model
pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar
matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kapas,
dengan sampel kelas VIII, kelas eksperimen adalah kelas VIII C, kelas kontrol
adalah kelas VIII B, dan kelas uji coba instrument adalah kelas VIII A.Teknik
pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Kelas VIII B terdiri
dari 36 siswa diberikan model pembelajaran langsung dan kelas VIII C terdiri dari
37 siswa diberikan model pembelajaran think pair and share (TPS) dengan strategi
two stay two stray (TSTS). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes
untuk data prestasi belajar matematika siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji
validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda serta metode angket
untuk data kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian persyaratan
analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis variansi (anava) dua jalan dengan sel tak sama.
Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe.
Hasil penelitian dengan a = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Fobs=73,1190 >
Ftabel = 65,4375 (nilai signifikan < 0,05) sehingga H_oA ditolak yang berarti ada
perbedaan yang signifikan Model Pembelajaran langsung dan model pembelajaran
think pair and share(tps) dengan strategi two stay two stray (TSTS) berpengaruh
terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2). Fobs=74,5833 > Ftabel = 63,9732
(nilai signifikan < 0,05) sehingga H_oA ditolak yang berarti ada perbedaan yang
signifikan kemampuan komunikasi matematis tinggi siswa dapat menghasilkan
prestasi belajar yang lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis
rendah. (3) Fobs=15,52 > Ftabel = 0,0185 (nilai signifikan < 0,05) sehingga HoAB
diterima yang berarti ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan
komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS), strategi Two Stay
Two Stray (TSTS), prestasi belajar siswa, komunikasi matematis, lingkaran.