DETAIL DOCUMENT
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAPAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
GHOFAR, MOCH. ABDUL
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-25 08:41:43 
Abstract :
ABSTRAK Ghofar, Abdul. 2019.b Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Dengan Strategi Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Prestasi BelajarMatematika Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kapas Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika,Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Junarti, M.Pd. (2) Anita Dewi Utami, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) perbedaan yang signifikan model pembelajaran think pair and share (TPS) dengan strategi two stay two stray (TSTS) daripada model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa. 2) perbedaaan yang signifikan siswa dengan komunikasi matematis yang tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah. 3) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kapas, dengan sampel kelas VIII, kelas eksperimen adalah kelas VIII C, kelas kontrol adalah kelas VIII B, dan kelas uji coba instrument adalah kelas VIII A.Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Kelas VIII B terdiri dari 36 siswa diberikan model pembelajaran langsung dan kelas VIII C terdiri dari 37 siswa diberikan model pembelajaran think pair and share (TPS) dengan strategi two stay two stray (TSTS). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda serta metode angket untuk data kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi (anava) dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan a = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Fobs=73,1190 > Ftabel = 65,4375 (nilai signifikan < 0,05) sehingga H_oA ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan Model Pembelajaran langsung dan model pembelajaran think pair and share(tps) dengan strategi two stay two stray (TSTS) berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2). Fobs=74,5833 > Ftabel = 63,9732 (nilai signifikan < 0,05) sehingga H_oA ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis tinggi siswa dapat menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis rendah. (3) Fobs=15,52 > Ftabel = 0,0185 (nilai signifikan < 0,05) sehingga HoAB diterima yang berarti ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS), strategi Two Stay Two Stray (TSTS), prestasi belajar siswa, komunikasi matematis, lingkaran. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro