DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA MEPREMAS (MENEMUKAN PUZZEL TEOREMA PHYTAGORAS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS PADA KELAS VIII SEMESTER GENAP MTs AL-MA’RUF KARTAYUDA KEDUNGTUBAN B
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
ROFI'I, AKBAR NOOR
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-06-29 04:33:52 
Abstract :
ABSTRAK Rofi?i, Akbar Noor. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Pembelajaran MEPREMAS (Menemukan Puzzle Teorema Phytagoras) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Kelas VIII Semester Genap MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Ari Indriani, M.Pd. (II) Novi Mayasari, M.Pd. Kata Kunci : Discovery, Learning, MEPREMAS, Prestasi Belajar. Permasalahan pada penelitin ini dikarenakan kebanyakan siswa jenuh dengan pembelajaan yang monoton dan belajar satu arah yang mana siswa cenderung mendengarkan penjelasan guru dan guru mendominasi pembelajaran, serta siswa cenderung pasif, hal itu memicu kejenuhan siswa. Menurut M. Khoirur Rozi, S.Pd. selaku guru mata pelajaran matematika menerangkan bahwa prestasi belajar matematika siswa di MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora rendah, banyak diantaranya yang memperoleh hasil dibawah KKM (Kriteria Ketuntrasan Minimum). Hal ini terbukti pada ulangan 65% siswa masih mendapat nilai dibwah KKM, dengan nilai rata-rata 63,92. Penggnaan model pembelajaran yang dikombinasikan dengan model pembelajaran sebagai gagasan atau ide peneliti merupakan salah satu sarana pendukung dalam proses pembelajaran yang akan diterapkan. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan media pembelajaran mepremas (menemukan puzzle teorema phytagoras) terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan teorema phytagoras kelas VIII semester genap MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII-A, VIII-B, VIII-C, dan VIII-D. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah random sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII-D dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII-C dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilai UTS semester genap siswa kelas VIII MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019. Metode tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi, validitas butir soal dengan validator, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dengan media pembelajaran mepremas (menemukan puzzle teorema phytagoras) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika sebagai variabel terikat. vii Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora didapatkan Harga thitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated varians yaitu thitung = 13,131. Besar derajat kebebasan dk = 60 dan taraf signifikan ? = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik adalah sebesar 2,301. Didapatkan hasil bahwa harga thitung > ttabel, dengan demikian 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro