Abstract :
ABSTRAK
Ibad, Irsyadul. 2019. Pengaruh Gaya Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Miftahul Falah Senori Kabupaten Tuban 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). Nurrohman, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Taufik Hidayat, S.Pd.,M.Pd.
Kata kunci: Gaya Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara gaya belajar dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimen dengan rancangan penelitian survey design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Miftahul Falah Senori sebanyak 40 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Instrument data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunaan skala gaya belajar dan minat belajar siswa dengan tiga pilihan jawaban, serta soal yang berjumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, angket gaya belajar, angket minat belajar, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reabilitas, normalitas dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa SMP Miftahul Falah Senori, atau dengan kata lain terdapat pengaruh prestasi belajar yang memiliki minat belajar dan gaya belajar yang berbeda-beda.