DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA ISLAM WASILATUL HUDA DUKOH KIDUL NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
AZIZAH, FARIDATUN
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-06-29 05:10:00 
Abstract :
ABSTRAK Azizah, Faridatun. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Islam Wasilatul Huda Dukoh Kidul Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, jurusan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Bojonegoro. Pembimbing : (1) Drs. Sarjono, M.M (2) Ali Noeruddin S.Si.,M.Pd. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Islam Wasilatul Huda Dukoh Kidul Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Variabel dalam penelitian ini meliputi kecerdasan emosional (X1) dan Kebiasaan Belajar (X2) sebagai variabel bebas, prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Wasilatul Huda Dukoh Kidul Ngasem Kabupaten Bojonegoro pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dikarenakan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa yang menjadi populasi penelitian yaitu sejumlah 40 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X1 (kecerdasan emosional) terhadap variabel Y (prestasi belajar) siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Islam Wasilatul Huda Dukoh Kidul Ngasem Bojonegoro Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 7.588 dan taraf nilai Sig. 0,000; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X2 (kebiasaan belajar) terhadap variabel Y (prestasi belajar) siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Islam Wasilatul Huda Dukoh Kidul Ngasem Bojonegoro Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 2.775 dan taraf nilai Sig. 0,009; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X1 (kecerdasan emosional) dan variabel X2 (kebiasaan belajar) terhadap variabel Y (prestasi belajar) siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Islam Wasilatul Huda Dukoh Kidul Ngasem Bojonegoro Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 78.818 dan taraf nilai Sig. 0,000. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya pada pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam Wasilatul Huda Dukoh Kidul Ngasem Kabupaten Bojonegoro. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro